detikNews Selasa, 21 Apr 2020 22:00 WIB 12 Peserta Ijtima Dunia Gowa Diisolasi di Bulukumba, 1 Positif Rapid Test Seorang peserta yang dinyatakan terinfeksi virus Corona melalui pemeriksaan rapid test dibawa ke Makassar.


Jakarta -

Sebanyak 12 peserta Ijtima Dunia Gowa asal Polewali Mandar (Polman) dan Palu diisolasi di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Seorang peserta yang dinyatakan terinfeksi virus Corona melalui pemeriksaan rapid test dibawa ke Makassar.

"Sembilan diisolasi di RSUD (Andi Sultan Daeng Radja) bertambah 3 orang, semuanya 12 orang (diisolasi)," ujar juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Bulukumba, Daud Kahal, saat dihubungi detikcom, Selasa (21/4/2020).

"Jadi sekarang ini, satu (yang positif Corona berdasarkan rapid test) dibawa ke Makassar (RSUD Wahidin Sudirohusodo)," katanya.

Daud menjelaskan peserta positif Corona yang dibawa ke Makassar ini diketahui pernah mengikuti Itjima Ulama Dunia Zona Asia di Gowa. Usai pulang dari Gowa, peserta ini kembali melakukan perjalanan bersama peserta asal Palu di Kabupaten Bulukumba.

Saat tiba di Bulukumba, Gugus Tugas COVID-19 setempat melakukan rapid test sehingga ada satu peserta yang positif Corona. Rapid test dilakukan pada pekan lalu.

"Jadi begini ceritanya, satu itu yang terindikasi positif hasil pemeriksaan tes, dia kan orang Polman, Sulbar, dia (pernah) datang Ijtima Gowa," ujar Daud.

Daud mengklarifikasi sebenarnya pihaknya belum ingin merilis temuan ini lantaran masih menunggu hasil pemeriksaan swab terhadap peserta yang terindikasi positif lewat rapid test tersebut.

"Informasinya sudah berkembang sebenarnya di luar, tapi kami tidak ingin mendahului hasil tes lanjutan, kami menunggu itu," pungkas Daud.

(rfs/rfs)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4985830/12-peserta-ijtima-dunia-gowa-diisolasi-di-bulukumba-1-positif-rapid-test

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.