detiknews rabu, 23 des 2020 21:30 wib polisi bubarkan acara produk kecantikan di gedung mewah di makassar gara gara tak memiliki izin keramaian hingga diduga tak menerapkan prokes, acara anniversary sebuah produk kecantikan di makassar dibubarkan polisi.


Makassar -

Gara-gara tak memiliki izin keramaian hingga diduga tak menerapkan protokol kesehatan (prokes), acara anniversary sebuah produk kecantikan di gedung mewah di Makassar dibubarkan polisi. Pembubaran ini membuat pihak penyelenggara tidak dapat berkutik membatalkan acara dan sejumlah tamu undangan yang datang duluan diminta pulang.

"Beberapa fakta yang kami temukan pertama adalah aspek legalitas perizinan kegiatan, tak ada izin yang dikeluarkan oleh kepolisian," ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana kepada wartawan, Rabu (23/12/2020).

Anniversary yang dibubarkan tersebut berlangsung di sebuah gedung mewah, UpperHills Convention Hall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, sekitar pukul 18.00 Wita. Witnu mengatakan, pesta tersebut telah menyalahi Perwali Nomor 51 dan 53 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

"Kita prediksi kalau kegiatan ini tidak kita imbau untuk dibubarkan atau dibatalkan betul-betul akan terjadi kerumunan massa," sambung Witnu.

Area pesta anniversary yang dibubarkan memang berlangsung di sebuah ruangan yang amat luas punya kapasitas ratusan hingga ribuan orang.

"Karena dari jumlah kapasitas kursi yang disediakan hampir seribu kursi tersusun di dalam," katanya.

Tidak hanya itu, polisi juga menemukan celah pelanggaran protokol kesehatan COVID-19. Tidak ditemukan adanya imbauan prokes kepada para tamu.

"Kemudian fakta lain yang kita temukan penataan-penataan yang tidak sesuai dengan jarak (tidak jaga jarak). Tidak sesuai aturan Perwali ini juga kita temukan," jelasnya.

Pembubaran sendiri berlangsung lancar tanpa hambatan lantaran tamu undangan yang datang masih sedikit. Ketaatan penyelenggara terhadap pembubaran juga diapresiasi polisi.

"Alhamdulillah panitia pengelolah kordinatif hari ini sepakat kegiatan dibatalkan. Tentu kami juga berterima kasih kepada seluruh panitia," pungkas Witnu.

(hmw/nvl)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5307444/polisi-bubarkan-acara-produk-kecantikan-di-gedung-mewah-di-makassar

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.