Legilator Makassar, Nunung Dasniar Usul Penyaluran Sembako Diganti Uang Tunai


MAKASSAR — Legislator Gerindra DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar megusulkan penyaluran sembako ke masyarakat diganti dengan uang tunai.

Dasniar mengatakan, pembagian sembako memiliki risiko lebih besar dalam hal penyebaran Covid-19, ketimbang bantuan uang tunai. Hal lain, kata dia, bantuan langsung uang tunai lebih efektif, agar masyarakat bisa memilih kebutuhannya sendiri.

"Bayangkan kalau paket yang dibagi kena virus Corona dan mereka pegang atau yang membagi juga kena Corona. Apa penyebarannya tidak langsung berdampak ke masyarakat yang tidak tau apa-apa," kata Wakil Ketua Komisi A bidang Pemerintahan DPRD Kota Makassar itu.

"Jangan sampai wabah nya hilang bantuan nya tak kunjung turun ke warga dgn alasan yang bertele-tele," tambahnya.

Rencana pembagian sembako kepada warga terdampak Covid-19 pada 21 April juga dinilai Dasniar sangat terlambat. Pasalnya, pembagian sembako membutuhkan proses panjang dan kurang berdampak pada sektor perekonomian secara langsung.

"Mengingat lambatnya penyaluran dengan alasan yang macam-macam , supaya bisa efisien juga. Biar warga yang beli apa kebutuhan mereka yang lebih penting," ujar Nunug.

Sebelumnya, Kepala Dinsos Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan, bantuan tersebut akan mulai dibagikan kepada masyarakat, serentak pada tanggal 21 April 2020 mendatang sebanyak 60 ribu paket sembako.

Adapun keterlambatan dalam pembagian dikarenakan adanya pengaturan antara bantuan yang dari pengusaha dan organisasi. Termasuk juga, kata dia, verifikasi data masyarakat utamanya warga yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini.

"Yang disiapkan Dinsos karena data ini dinamis, kami beronrentasi bahwa data yang masuk ini sampai sekarang mencapai 60 ribuh KK. Rencana tanggal 21 (April) itu kita sudah jalan," Kata Mukhtar Tahir saat dihubungi lewat via tepon, Minggu (12/4/2020). (*)

About the author

Related posts



Sumber : http://www.celebes-news.com/2020/04/13/legilator-makassar-nunung-dasniar-usul-penyaluran-sembako-diganti-uang-tunai/

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.