IDI Mulai Minta Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk Hadapi Pandemi


Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 bekerja sama dengan kepala daerah di 34 provinsi di Indonesia. Gugus tugas juga perlu meminta atau memerintahkan kepala daerah menyiapkan skenario terburuk dalam menghadapi pandemi ini.

"Gugus tugas minta kepala daerah satu komando untuk menyiapkan skenario terburuk, siapkan rumah sakit darurat," kata Ketua IDI, Daeng M Faqih, Rabu (22/4).

Selain itu, penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di daerah harus berbasis desa. Artinya, seluruh relawan di desa perlu dilibatkan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Di samping itu, pemerintah harus terus memperkuat tes massal Covid-19. Melalui tes massal ini, pemerintah dapat mendeteksi cepat siapa saja yang positif terjangkit virus mematikan itu dan segera menyiapkan langkah penanganan.

"Kuatkan kembali testing massal," ujarnya.

Setali tiga uang dengan IDI, Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said meminta pemerintah menyiapkan skenario terburuk dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ia juga meminta agar perangkat desa seperti RT/RW dan Lurah turut dilibatkan dalam PSBB agar upaya pencegahan berjalan semestinya.

"Penerapan itu akan sangat signifikan di dalam memotong penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat terutama yang ada di Pulau Jawa dan Bali," terangnya.

Saat ini, PMI tengah melatih para relawannya mengenai cara mengevakuasi pasien atau jenazah yang terpapar Covid-19. Upaya ini dilakukan karena belakangan banyak warga yang meminta bantuan PMI.

Sejalan dengan itu, PMI terus mengedukasi masyarakat untuk menjaga kesehatan dan melakukan sosial distancing serta physical distancing guna mencegah terjangkit Covid-19.

"PSBB berbasis masyarakat kita dorong terus sambil memberikan bantuan dan penyemprotan disinfektan," sambungnya.

Saat ini, pasien yang dinyatakan positif terjangkit Covid-129 di Indonesia mencapai 7.418. Bertambah 283 kasus dari hari sebelumnya, Selasa (21/4).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut, dari ribuan kasus tersebut 635 orang meninggal dunia. Total pasien sembuh mencapai 913 orang. (mrd)

About the author

Related posts



Sumber : http://www.celebes-news.com/2020/04/23/idi-mulai-minta-pemerintah-siapkan-skenario-terburuk-hadapi-pandemi/

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.