Dinyatakan Sehat, Penumpang Kapal Pesiar Australia Diizinkan 4 Jam di Makassar


MAKASSAR - Sebanyak 78 orang yang terdiri dari 44 orang penumpang dan 34 kru kapal pesiar asal Australia, MS Coral Adventure dinyatakan negatif virus korona atau Covid 19. Mereka mendapat izin untuk berlabuh di Pelabuhan Internasional Soekarno Hatta, Makassar pada Kamis (12/3/2020) pukul 08.00 Wita.

Hal tersebut disampaikan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb usai melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I, di Pelabuhan Soekarno Hatta, Rabu (11/3/2020) malam.

"Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, jika para penumpang itu telah melewati standar protokol pemeriksaan Covid-19, dan mendapat rekomendasi sehat dari tim medis KKP, maka tidak ada alasan untuk melarangnya berlabuh di Makassar," kata Iqbal.

Rencananya, setelah Kapal Pesiar MS Coral Adventure berlabuh di Dermaga Soekarno Hatta, sebanyak 44 penumpang yang kesemuanya WN Australia akan berada di daratan Makassar selama empat jam.

"Hanya empat jam di sini (Makassar). Setelah turun dari kapal, mereka akan ke Fort Rotterdam untuk foto-foto, selanjutnya makan siang di salah satu hotel di daerah Pantai Losari, dan kemudian ke Airport Sultan Hasanuddin untuk melanjutkan perjalanan dengan pesawat terbang ke negaranya," lanjut Iqbal.

Sebelumnya, Iqbal mengaku telah melaporkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut ke Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah untuk selanjutnya memberikan izin berlabuh di dermaga.

Pj Walkot Makassar Iqbal Suhaeb menunjukkan healt alert card penumpang kapal pesiar australia. (Foto: Okezone.com/Herman A)

"Sebenarnya kapal ini sudah cukup lama keliling di beberapa tempat di Indonesia . Pada tanggal 27 Februari lalu juga sudah mendapat pemeriksaan serupa di Kota Kupang. Artinya masa inkubasi sudah dilewati dan hasinya semua negatif, tidak ada suspect. Mereka juga sudah mengantongi kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card untuk membuktikan bahwa mereka dinyatakan sehat," ucapnya.

Baca juga: WHO Menyatakan Virus Korona sebagai Pandemi, Apa Artinya?

Dalam pertemuan itu, Iqbal didampingi sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Makassar, di antaranya Kadis Kesehatan Naisyah Tun Azikin, Kadis Perhubungan Mario Said, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar Andi Bukti Djufri.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Bagian Tata Usaha KKP Kelas I Makassar Nirwan mengatakan, imnya telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang, termasuk kondisi kebersihan kapal.

"Tim kami terdiri tiga orang dokter, termasuk perawat dan surveilans untuk melakukan pemeriksaan sesuai protokol yang berlaku," katanya.



Sumber : https://news.okezone.com/read/2020/03/12/609/2182001/dinyatakan-sehat-penumpang-kapal-pesiar-australia-diizinkan-4-jam-di-makassar

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.