Akhir Maret, Proyek Makassar New Port Tahap I Selesai News 1 tahun yang lalu


Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan Makassar New Port tahap pertama (1-A) saat ini sudah mencapai 99%.

Direktur Kepelabuhanan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, M Tohir, optimis proyek ini rampung pada akhir Maret 2019.

"Proyek Makassar New Port tahap pertama atau 1-A dipastikan rampung pada bulan Maret 2019 dengan panjang dermaga untuk tahap pertama ini 320 m dengan luas 22 Ha," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Kamis (14/3/2019).


Dengan kemajuan pembangunan yang telah mencapai 99%, Tohir yakin pembangunan salah satu proyek strategis nasional di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini dapat selesai tepat waktu.

"Dengan begitu nantinya pelabuhan ini akan memiliki kapasitas penumpukan peti kemas mencapai 800.000 TEUs per tahun," bebernya.

Akhir Maret, Proyek Makassar New Port Tahap I Selesai Foto: Proyek Makassar New Port Tahap Pertama (dok. Kemenhub)

Sesuai rencana, pembangunan pelabuhan dibagi dalam beberapa tahap. Pada 2032 mendatang, Makassar New Port direncanakan memiliki dermaga total sepanjang 2184 meter dan luas lapangan penumpukan 106 Ha, sehingga total kapasitas terpasang sebesar 5 juta TEUs per tahun.

Adapun pembangunan Makassar New Port tahap I-B dan tahap I-C telah siap dibangun, namun saat ini masih menunggu izin konsesi. Sejalan dengan itu, tahap I-B dan I-C tengah dalam proses pengajuan penambahan alat kerja pengerukan dan reklamasi serta permohonan perpanjangan izin keruk.

"Pembangunan pelabuhan ini sangat mendesak dibangun karena terminal peti kemas Makassar yang ada, diprediksi sudah tidak mampu menampung lagi hingga dua tahun ke depan," imbuhnya.

(dru)



Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20190314125739-4-60631/akhir-maret-proyek-makassar-new-port-tahap-i-selesai

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.