PLN Berlakukan Potongan Pembayaran Listrik, Berikut Rinciannya


BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Dalam rangka bentuk perlindungan sosial kepada masyarakat selama masa pandemi, PT PLN (Persero) memperpanjang diskon permbayaran listrik untuk masyarakat Indonesia. Diskon itu disebut juga Stimulus.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2020, di awal Covid-19 mewabah di Indonesia. Mulai April hingga Desember 2020, pemerintah telah memberikan stimulus keringanan pembayaran/pembelian listrik kepada lebih dari 30 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan total stimulus sebesar 13,2 triliun. Yang berakhir pada Februari 2021 lalu.

Rabu (31/3/2021), melalui sosialisasi dan program stimulus listrik TW II tahun 2021 pihak PT PLN (Persero) kembali memberikan kabar gembira untuk masyarakat Indonesia.

Khusus di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada umumnya, pembayaran listrik kembali mendapat potongan harga.

Manager PT PLN (Persero) UP 3 Bulukumba, Leandra Agung Tri Radi Putra menjelaskan, di Kabupaten Bulukumba pelanggan yang menerima subsidi dibagi atas dua jenis yakni pengguna 450 VA berjumlah 27.067 sedangkan yang menggunakan 900 VA sebanyak 17.504 pelanggan.

"Masa berlaku diskon atau stimulus TW II itu dimulai Kamis (1/4/2021) hingga Juni 2021," bebernya kepada awak media, Rabu (31/3/2021).

Namun, untuk TW II ini, besaran potongan yang diberikan kepada pelanggan memiliki perbedaan dari jumlah potongan pada bantuan periode sebelumnya.

"Berbeda dengan Stimulus periode awal yang memiliki potongan 100 persen atau free pembayaran listrik. Pada Stimulus TW 2 ini besaran potongan sebanyak 50 persen," ucap pria berkacamata itu.

Adapun besaran stimulus listrik periode April-Juni 2021 ditetapkan berdasarkan Surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yaitu;

– Pelanggan golongan rumah tangga, bisnis kecil dan industri kecil dengan daya 450 Volt Ampere, diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

-Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

-Pembebasan biaya beban abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Kabar yang tak kalah menariknya, pelayanan PLN kini bisa lebih mudah melalui genggaman.Pelayanan PLN sekarang sudah bisa mobile. Lebih mudah diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

"Jadi segala bentuk pelayanan yang ada di PLN bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi. Mulai dari pembayaran, hingga pengaduan bisa langsung di mobile. Kalau ada yang mengeluh atau mendapat sesuatu yang keliru soal PLN langsung adukan lewat aplikasinya. Biar kami langsung proses," terangnya. (*)



Sumber : https://www.bonepos.com/?p=75537

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.