Cerita Nelayan Jeneponto; Sempat Hilang dan Terombang-ambing di Laut Lepas


BONEPOS.COM, JENEPONTO – Lahabo daeng Tiro, pria berusia 80 tahun seorang nelayan yang sempat dinyatakan hilang selama satu hari itu, akhirnya selamat.

Daeng Tiro adalah warga asal Dusun Petang, Desa Arungkeke, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

Korban berhasil ditemukan oleh nelayan lain, dimana saat itu korban terombang-ambing di Perairan Tino yang berada tidak jauh dari kawasan perairan Petang.

Saat kembali ditemukan, daeng Tiro langsung dievakuasi ke Dermaga Arungkeke pada Selasa (23/3/2021).

Lahabo Daeng Tiro bercerita, peristiwa yang dialaminya saat itu, perahunya mengalami mati mesin, sehingga dirinya berinisiatif memasang layar untuk kembali ke daratan.

"Saat kejadian, mesin perahu saya mati, dan saya pun berinisiatif memasang layar agar bisa ke tepian. Namun, ketika layar sudah terpasang, malah perahunya bergeser ke perairan Tino," cerita Tiro.

Ia menambahkan, jika dirinya yang seorang diri melaut ini hanya pasrah di tengah lautan dan bertahan dengan air minum seadanya tanpa makanan.

"Ketika saya terombang-ambing di tengah lautan, saya hanya berbekal minuman saja," ujarnya.

Beruntung, setelah dinyatakan hilang selama satu hari, dirinya ditemukan oleh nelayan lain sekitar pukul 09.00 Wita.

"Sekitar pukul 09.00 Wita, ada 3 orang nelayan di sebuah perahu saya panggil, dan meminta tolong kepada mereka agar perahu saya ditarik ke bibir pantai," jelasnya.

Setelah dirinya berhasil dievakuasi oleh para nelayan, Lahabo daeng tiro pun dijemput di perairan petang.

"Keluarga langsung menjemput saya ke perairan petang setelah nelayan mengevakuasi ke bibir pantai," singkatnya.

Kendati demikian, Lahabo daeng Tiro saat ini dalam kondisi yang sehat, meskipun sempat pasrah di tengah lautan. (*)



Sumber : https://www.bonepos.com/?p=74734

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.