Polda Sulbar gencar patroli kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru


Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat gencar patroli kamtibmas di sejumlah titik dan pusat-pusat keramaian menjelang Natal dan Tahun Baru.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar Ajun Komisaris Besar Polisi Syamsu Ridwan, Rabu, mengatakan secara rutin personel Direktorat Samapta Polda Sulbar melakukan patroli di sejumlah tempat keramaian, untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Patroli personel Dit Samapta Polda Sulbar secara rutin mendatangi tempat-tempat berkumpul seperti kafé dan warung kopi dan setiap pengujung langsung diperiksa untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang membawa senjata tajam, narkoba serta minuman keras," kata Syamsu Ridwan.

"Patroli ini juga bertujuan mengantisipasi gangguan kamtibmas yang terjadi di tempat tersebut. Kami juga melakukan langkah antisipasi aksi premanisme di sejumlah titik yang rawan," tambahnya.

Polda Sulbar, lanjutnya, akan terus memperluas dan meningkatkan patroli di sejumlah titik-titik rawan, sehingga tindakan pencegahan kejahatan akan semakin maksimal.

Pada setiap patroli tersebut tambahnya, personel Polda Sulbar juga menyempatkan memberikan imbauan kepada pengunjung dan pengelola kafe dan warung kopi agar mengikuti protokol kesehatan COVID-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir.

"Tentunya, kami tidak akan hanya berhenti di sini. Kami akan terus melakukannya untuk mewujudkan situasi yang kondusif," ujar Syamsu Ridwan.

Upaya mencegah gangguan kamtibmas juga secara rutin dilakukan Personel Polresta Mamuju dengan menyasar sejumlah titik-titik rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

"Untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan serta mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru, Polresta Mamuju menggelar razia dan operasi Cipta Kondisi di sejumlah tempat dan lokasi di wilayah hukum Polresta Mamuju," kata Kanit Tipiter Polresta Mamuju Ipda Japaruddin.

Operasi Cipta Kondisi lanjutnya, setiap hari digelar untuk meningkatkan kamtibmas jelang Natal dan Tahun Baru.

"Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam berbagai bentuk, antara lain dengan mengadakan razia kendaraan pada ruas jalan tertentu, patroli dialogis ke tempat-tempat rawan kriminalitas dan objek vital dengan sasaran patroli skala besar antisipasi tawuran pemuda serta lokasi-lokasi yang sering dijadikan ajang balap liar," kata Japaruddin.

Target atau sasaran operasi Cipta Kondisi kata Japaruddin, yakni untuk mengantisipasi tindak kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor (3C), pengendara yang tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19 serta melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

Sasaran lainnya, yakni terhadap premanisme, peredaran minuman keras dan narkoba, perjudian, terorisme serta penggunaan senjata tajam maupun senjata api.

"Selama pelaksanaan operasi Cipta Kondisi, telah berjalan dengan aman dan lancar juga tidak ditemukan pelanggaran. Petugas juga melakukan imbauan dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas secara humanis kepada masyarakat yang melanggar peraturan protokol kesehatan di setiap lokasi," jelas Japaruddin.



Sumber : https://makassar.antaranews.com/berita/230856/polda-sulbar-gencar-patroli-kamtibmas-jelang-natal-dan-tahun-baru

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.