Joan Mir Dinobatkan Sebagai Juara Dunia MotoGP 2020


BONEPOS.COM - Cukup mengejutkan, rider Suzuki Joan Mir sukses meralh titel juara dunia MotoGP 2020. Emosi rider Suzuki Ecstar itu pun campur aduk usai dinobatkan sebagai yang terbaik.

Pada seri MotoGP Valencia yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020), Joan Mir sebetulnya hanya mampu finis di urutan ketujuh, sedangkan Franco Morbidelli keluar sebagai pemenang.

Namun dua pesaing terdekat Mir, yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins, gagal meraih podium. Rins cuma finis di urutan keempat, sedangkan Quartararo crash di lap kesembilan.

Alhasil, dengan tambahan 9 poin, Joan Mir kini mengoleksi 171 poin. Di belakangnya ada Morbidelli (142 poin) dan Rins (138). Dengan sisa satu balapan, yakni MotoGP Portugal, koleksi poin Mir tak lagi bisa dikejar.

Joan Mir pun resmi menjadi juara MotoGP 2020. Ia pun merayakannya dengan memakai kaus putih bertuliskan angka satu serta memakai helm emas sebagai simbol juara. Sesampainya di paddock, ia kembali berselebrasi bersama kru Suzuki beserta keluarganya yang hadir mendukung.

"Sulit dipercaya. Saya tak punya kata-kata untuk menggambarkan emosi saya saat ini, sebab ini adalah sesuatu yang sudah saya perjuangkan seumur hidup saya, dan berjuang untuk mendapat hasil ini," kata Joan Mir, seperti disiarkan Trans 7.

"Saat ini, saya tidak tertawa, saya juga tak bisa menangis, emosi rasanya bercampur. Saya benar-benar senang. Ketika kamu mengikuti mimpimu, dan akhirnya kamu meraihnya, saya tak percaya dengan apa yang terjadi."

"Saya butuh waktu sekarang untuk rileks. Saya duduk sebentar di sudut sana tadi, untuk mencerna apa yang sudah terjadi, karena saya tak bisa berkata-kata," pungkas rider asal Spanyol itu.

Joan Mir menjadi rider Suzuki pertama yang menjadi juara dunia di era MotoGP. Sementara di kelas premier secara keseluruhan, ia menjadi yang pertama sejak Kenny Roberts Jr di tahun 2000, sewaktu masih bertajuk Grand Prix 500 cc.



Sumber : https://www.bonepos.com/?p=65464

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.