edukasi protokol kesehatan, diskes makassar bagikan 3.500 masker di 10 pasar


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar kembali turun melakukan edukasi protokol kesehatan sekaligus membagikan ribuan masker kepada masyarakat.

Kali ini, Diskes Makassar menyasar 10 pasar tradisional. Di mana potensi penyebaran Covid-19 masih sangat rentan terjadi. Sehingga perlu adanya pengawasan dan edukasi.

Plt Kepala Diskes Makassar, Agus Djaja Said mengatakan, pembagian masker itu masih dalam rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional (HKN). Setelah sebelumnya menyasar lima fasilitas publik.

"Apa yang kita lakukan hari ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi di pasar, orang banyak datang sehingga penyebaran bisa saja terjadi," ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

Adapun total masker yang dibagikan hari ini mencapai 3.500 buah. Dibagikan secara serentak di 10 pasar utama maupun penyangga. "Ada 3.500 masker yang kita bagi di sepuluh pasar tradisional," tambah Agus.

Dari edukasi tersebut, Dinas Kesehatan Kota Makassar masih menemukan banyak pengunjung yang tidak mengenakan masker. Padahal, di tengah kondisi saat ini penggunaan masker harusnya sudah menjadi kebiasaan.

"Hampir semua punya masker tapi tidak di pakai dengan benar, hanya digantung dan dijadikan bando," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Makassar, Ita Anwar.

Ita mengatakan, kampanye pakai masker di pasar tradisional dilakukan lantaran dinilai sebagai tempat paling potensial menularkan virus corona. Perlu edukasi secara persuasif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.



Sumber : https://fajar.co.id/2020/11/13/edukasi-protokol-kesehatan-diskes-makassar-bagikan-3-500-masker-di-10-pasar/

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.