detiknews jumat, 13 nov 2020 13:48 wib ditentang tim appi, debat kedua pilwalkot makassar tetap di jakarta kpu makassar menegaskan debat kedua pilwalkot makassar tetap sesuai rencana awal, yakni di jakarta.


Makassar -

Tim pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) meminta Polda Metro Jaya tidak mengizinkan debat kedua Pilwalkot Makassar di Jakarta. KPU Makassar menegaskan debat kedua Pilwalkot Makassar tetap sesuai rencana awal, yakni di Jakarta.

"Sejauh ini belum ada perubahan rencana. Debat pertama di Jakarta, debat kedua di Jakarta, dan debat ketiga di Makassar," kata komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari saat berbincang dengan detikcom, Jumat (13/11/2020).

Pihaknya mengaku prihatin atas kejadian penikaman yang terjadi pada pendukung Appi-Rahman di Jakarta di dekat lokasi debat pertama berlangsung. Soal keamanan, KPU akan tetap berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

"Pertama, soal keamanan adalah soal yang dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. Mari kita menunggu proses penyelidikan pihak keamanan. Kedua, jika ditanyakan soal di Jakarta tidak ada jaminan, maka analogi yang sama bisa dijadikan alasan, panasnya Pilkada Makassar ternyata sampai di Jakarta," terangnya.

"Maka, jika dibalik, di Jakarta yang jauh, ancaman soal keamanan bisa terasa, apalagi jika dilaksanakan di Makassar. Tapi sekali lagi, soal keamanan dan peristiwa yang terjadi bukan wewenang kami mengomentari," imbuh dia.

Lebih lanjut KPU Kota Makassar akan tetap menerapkan prinsip pelaksanaan pemilihan serentak dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan pengendalian COVID-19.

"Memperhatikan kesehatan dan keselamatan penyelenggara pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, tim Appi-Rahman meminta Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin pelaksanaan debat kedua Pilwalkot Makassar di Jakarta. Permintaan ini untuk mencegah terjadinya kembali penikaman ke pendukung paslon.

"Kita mendesak Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin debat pilkada daerah di Jakarta," kata juru bicara Appi-Rahman, Fadli Noor, saat dihubungi detikcom, Kamis (12/11).

(tfq/nvl)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5253477/ditentang-tim-appi-debat-kedua-pilwalkot-makassar-tetap-di-jakarta

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.