Kemenag Sosialisasi Program Penceramah Bersertifikat


BONEPOS.COM -  Kemenag (Kementrian Agama) telah memulai sosialisasi program bimbingan teknis penceramah bersertifikat pada Kamis (17/9/2020).

Zainut Tauhid Sa'adi Wakil Menteri Agama membuka program tersebut.

"Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan layanan bimbingan keagamaan melalui para penceramah," kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 17 September 2020.

Acara tersebut dibuka pada Rabu, 16 September 2020, dan akan berlangsung secara daring maupun luring (offline) selama tiga hari. Zainut menjelaskan, program tersebut merupakan respons pemerintah dalam menyikapi isu aktual yang mengemuka di bidang keagamaan.

Menurut dia, layanan keagamaan memiliki posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Program ini tidak hanya untuk meningkatkan dan menguatkan kompetensi penceramah agama dari aspek materi maupun metodologi.

"Program ini juga untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai moderasi beragama dalam wawasan kebangsaan," ujarnya.

Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi sebagai panitia pelaksana acara menjelaskan, program tersebut bersifat sukarela, bukan mandatori.

"Jadi sama sekali tidak dipaksakan," kata Juraidi.

Program tersebut, kata dia, juga bukan sertifikasi penceramah. Bimbingan teknis penceramah agama Islam akan dilakukan Kementerian Agama bersama Majelis Ulama Indonesia dan ormas Islam.

Program Bimtek Penceramah Agama juga tidak hanya dikembangkan dalam agama Islam, tetapi seluruh agama. "Jadi akan ada program semacam ini juga di agama selain Islam," ujar Juraidi.



Sumber : https://www.bonepos.com/?p=61148

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.