detiknews senin, 14 sep 2020 22:35 wib positif narkoba bikin cawabup barru pdip didiskualifikasi dari pilkada cawabup barru, sulawesi selatan, andi mirza riogi idris dinyatakan tidak memenuhi syarat pencalonan. karena hasil pemeriksaan kesehatan positif narkoba.


Jakarta -

Calon Wakil Bupati (cawabup) Barru, Sulawesi Selatan, Andi Mirza Riogi Idris, yang diusung PDIP, dinyatakan tidak memenuhi syarat pencalonan sebagai cawabup. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, Andi Mirza dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba.

Pasangan dari bupati petahana Suardi Saleh ini, diketahui positif narkoba setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Private Care Center (PCC) RSUP Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar. Karena hal ini, Andi Mirza dinyatakan tidak memenuhi syarat dan didiskualifikasi sebagai calon.

"Andi Mirza Riogi Idris dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Wakil Bupati Barru dikarenakan positif narkotika. Konsekuensi bagi Andi Riogi yang telah dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat) sebagai calon wakil bupati yaitu didiskualifikasi sebagai kandidat," ujar Ketua KPU Barru Syarifuddin H Ukkas kepada wartawan, Minggu (13/9/2020).

Gugurnya putra mantan Bupati Barru Idris Syukur tersebut diputuskan dalam rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU Kabupaten Barru. Syarifuddin mengatakan keputusan KPU tidak bisa ditawar.

"Hasil pemeriksaan rumah sakit juga menjadi keputusan KPU, dan itu tidak bisa diulang karena positif narkotika. Tidak bisa ditawar," tegas Syarifuddin.

Andi Mirza diketahui sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Barru. Berdasarkan penelusuran detikcom, Andi Mirza Riogi juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Barru.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Mansyur Arif mengatakan, pihaknya juga tidak memerlukan pendapat lain terkait hasil pemeriksaan. Pemeriksaan juga disebut tidak dapat di ulang.



Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5173321/positif-narkoba-bikin-cawabup-barru-pdip-didiskualifikasi-dari-pilkada

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.