detiknews sabtu, 05 sep 2020 14:47 wib pilkada maros 2020, tiga paslon resmi mendaftar ke kpu alhamdulillah tiga pasangan sudah mendaftar semua dan kami nyatakan telah diterima, kata syamsu.


Maros -

Tiga pasangan bakal calon kepala daerah (bacakada) di Maros, Sulawesi Selatan, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros. Pasangan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari menjadi yang terakhir yang melakukan pendaftaran.

Sehari sebelumnya, pasangan Harmil Mattotorang-Ilham Nadjamuddin dan Tajerimin-Havid S Pasha telah mendaftar. Berkas ketiga bacakada ini pun dinyatakan diterima oleh KPU Maros.

"Alhamdulillah tiga pasangan sudah mendaftar semua dan kami nyatakan telah diterima. Tapi masih akan diverifikasi keabsahan berkas calon, seperti ijazah dan SKCK-nya," kata Ketua KPU Maros Syamsu Rizal, Sabtu (5/9/2020).

Pihak KPU menyebut, dari tiga bacakada yang sudah mendaftar itu, seluruh dukungan partai dan kursi di DPRD Maros telah terbagi, sehingga dipastikan pilkada di Maros hanya akan diikuti oleh tiga bacakada.

"Iya, dukungan partai sudah tidak ada lagi. Hanya ada tiga pasangan. Selanjutnya, kita akan melakukan tahapan selanjutnya, yakni penetapan calon," lanjutnya.

Saat melakukan pendaftaran, bakal calon Bupati Maros Chaidir Syam mengaku lega setelah semua berkas yang dimasukkannya telah diterima oleh KPU. Ia berharap semua kandidat yang telah mendaftar bisa berkontestasi di pilkada dengan sportif.

"Kami sangat lega hari ini sudah mendaftar. Kami berharap semua calon lain ke depannya bisa sama-sama berkontestasi dengan sportif. Kita bersama menjaga kondisi aman dan damai ke depan," ujarnya.

Pasangan Chaidir-Suhartina diusung oleh empat partai politik dan sejumlah partai pendukung dengan total kursi di DPRD sebanyak 13. Tajerimin-Havid juga diusung empat partai dengan total kursi 15. Sedangkan Harmil-Ilham diusung dua partai dengan total 7 kursi.

(lir/lir)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5160992/pilkada-maros-2020-tiga-paslon-resmi-mendaftar-ke-kpu

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.