4 Pasangan Calon Lolos di Pilkada Makassar, Ada Pasangan Dilan!


Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menetapkan empat pasangan calon sebagai peserta Pilkada Makassar 2020. Penetapan tersebut usai mereka menggelar rapat pleno secara tertutup pada Rabu, 23 September 2020.

Penetapan pasangan calon merupakan tahapan lanjutan, setelah bakal pasangan calon mengikuti tahapan pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan.

"Kata bakal akan kita hilangkan menuju tahapan baru, yaitu calon wali kota dan wakil wali kota Makassar," kata Ketua KPU Kota Makassar Farid Wajdi, dalam sambutannya, Rabu.

Baca Juga: Mungkinkah Pilkada Serentak 2020 Ditunda Lagi Akibat Pandemik?

1. Hasil penetapan dari KPUD diserahkan kepada pihak paslon

4 Pasangan Calon Lolos di Pilkada Makassar, Ada Pasangan Dilan!Penyerahan dokumen penetapan pasangan calon Pilkada Makassar 2020. Dok. KPU Makassar

KPU Kota Makassar pun akhirnya menetapkan empat paslon yang telah mendaftar menjadi paslon wali kota dan wakil wali kota Makassar. Nama-nama paslon yang ditetapkan dibacakan langsung oleh Komisioner KPU Kota Makassar Gunawan Mashar.

Keempat paslon yang ditetapkan adalah Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid (Imun) yang diusung Partai Golkar, PKS, dan PAN (15 kursi). Kedua, pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) yang diusung Partai Gerindra dan NasDem (12 kursi).

Lalu, pasangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (AppiRahman) yang diusung Partai Demokrat, PPP, dan Perindo (13 kursi). Terakhir, pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) yang diusung PDI Perjuangan, Hanura, dan PKB (10 kursi).

Setelah nama-nama paslon dibacakan, dilanjutkan dengan penyerahan hasil penetapan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar kepada perwakilan paslon. Karena penetapan ini tidak dihadiri paslon demi menghindari kerumunan massa.

4 Pasangan Calon Lolos di Pilkada Makassar, Ada Pasangan Dilan!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor's picks

2. Bawaslu ingatkan masalah dana kampanye kepada para paslon

4 Pasangan Calon Lolos di Pilkada Makassar, Ada Pasangan Dilan!Penyerahan hasil penetapan paslon wali kota dan wakil wali kota Makassar di kantor KPU Makassar, Rabu (23/9/2020). Tangkapan layar

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar Nursari, mengingatkan dengan ditetapkannya paslon secara otomatis semua undang-undang pemilihan sudah berlaku. Dengan demikian, semua paslon diminta saling menjaga dan saling menghargai.

"Karena pada dasarnya kami juga sudah tidak terkendala lagi soal subyek hukum yang akan kami tindaki," kata dia.

Selain itu, Nursari juga mengingatkan para paslon agar lebih transparan soal dana kampanye. Dana kampanye ini, kata dia,  penting untuk diperhatikan para paslon. Karena pada 2018 yang berkaitan dengan dana kampanye, salah satu paslon di Sinjai didiskualifikasi.

"Makanya mohon untuk diperhatikan soal itu karena pada dasarnya kami punya kepentingan untuk memberikan pencegahan terhadap semua potensi-potensi yang bisa saja terjadi," kata dia.

3. Ini nomor urut keempat paslon di Pilkada Kota Makassar

4 Pasangan Calon Lolos di Pilkada Makassar, Ada Pasangan Dilan!Seorang petugas berjalan di depan baliho pengumuman pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (3/9/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sementara, dari hasil pengundian nomor urut pasangan calon Pilkada Makassar 2020, yang digelar melalui rapat pleno di Hotel Harper Makassar, Kamis (24/9/2020), nomor urut 1 ditempati paslon Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, nomot urut 2 paslon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, nomor urut 3 paslon Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dan nomor urut 4 adalah Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin.

Sebelum keempat paslon mendapat nomor urut, pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) menjadi paslon pertama mengambil nomor urut. Kemudian disusul paslon Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid (Imun). Selanjutnya, paslon Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan). Terakhir, paslon Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (AppiRahman).

"Hari ini kita masuk ke tahap baru pemilihan wali kota dan wakil wali kota Makassar. Kemarin KPU kota berdasarkan regulasi tahapan tanggal 23 kami alhamdulillah tidak ada masalah saat melakukan penetapan," kata Ketua KPU Makassar Farid Wajdi pada rapat pleno, Kamis.

Baca Juga: Dapat Nomor 1 di Pilkada Kab.Malang, Sanusi-Didik Yakin Jadi Pemenang



Sumber : https://www.idntimes.com/news/indonesia/ashrawi-muin/kpu-tetapkan-4-paslon-pilkada-makassar-nasional

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.