Kapolsek Bajeng Hadiri Acara “Gaukang Tu Bajeng”


SULSELBERITA.COM. Gowa, - Warga Bajeng Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, memperingati hari kemerdekaan RI Ke 75 atau dikenal Gaukang tu Bajeng, Jumat (14/8/2020) pagi tadi.

Upacara setiap tahunnya diadakan di halaman Balla Lompoa Bajeng, Mereka menganggap kemerdekaan diraih dari tangan penjajah pada tanggal 14 Agustus 1945, Peringatan ini juga disebut dengan Gaukang Tubajeng (pesta besar orang Bajeng).

Hal ini dilakukan untuk mengenang perjuangan leluhur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sekaligus menegaskan bahwa bendera merah putih terlebih dahulu berkibar di Kabupaten Gowa sebelum hari proklamasi kemerdekaan.

Advertisement

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolsek Bajeng Iptu Sunardi, SH, MH , Danramil 06/Bajeng diwakili Babinsa Kelurahan Limbung, Kepala Kelurahan Limbung, Syamsurizal, SE, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta tamu undangan 150 orang.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada Acara Gaukang Tu Bajeng

Dalam upacara ini, bendera pusaka Bajeng yang disebut Jole-jolea dan bendera merah putih dikibarkan secara berdampingan.

Kapolsek Bajeng Iptu Sunardi, SH, MH saat di konfirmasi mengatakan,"Sebagai tradisi masyarakat Kec.Bajeng memiliki nilai budaya yang luhur dan tradisi peringatan Hari kemerdekaan ini, ada sejak jaman perjuangan bahkan merupakan warisan dari tokoh pejuang kita, khususnya di Kecamatan Bajeng,"kata Kapolsek.(**)

Advertisement



Sumber : https://sulselberita.com/?p=53796

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.