Gubernur Minta Semua Kepala Daerah di Sulsel Susun Skenario Bersama Soal Surat Bebas Covid


MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Penanganan covid-19 harus disikapi dan diatasi bersama. Harus ada upaya dilakukan bersama untuk betul-betul selesai. Demikian disampaikan Gubernur Sulsel dalam sambutanya pada pembukaan acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Akuntabilitas Percepatan Penanganan Covid-19 se Sulsel tahun 2020 di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (30/6/2020).

Acara yang dibuka Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah itu juga dihadiri Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Kajati Sulsel Dr Firdaus Dewilmar, Kepala Perwakilan BPKP Sulsel, Arman Sahri Harahap, dan Sekprov Sulsel Dr Abdul Hayat Gani.

Acara yang dirangkaikan dengan penandatangan MoU antara Pemprov dan Kajati Sulsel tentang penanganan kasus hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara itu diikuti secara virtual Ketua Satgas Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Dian Patria, walikota, Bupati dan unsur forkompinda kabupaten dan kota se Sulsel.

Gubernur Sulsel meminta kepada Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin dan Bupati se Sulsel untuk menyusun skenario bersama tentang penerapan surat bebas covid-19 sebagai syarat perlengkapan perjalanan lintas daerah. "Bukan hanya di Bandara. Lintas batas darat juga diberlakukan," jelas Nurdin Abdullah.

Penerapan surat bebas covid-19 bagi pelintas batas daerah itu jelas Nurdin Abdullah untuk mempercepat pemutusan mata rantai penularan covid-19 di Sulsel.
Menurut Nurdin Abdullah Sulsel mampu menghemat anggaran penanganan covid-19.

Dari 500 miliar rupiah jumlah anggaran percepatan penanganan covid-19 yang disepakati bersama DPRD baru 146 miliar rupiah yang telah digunakan.

Dijelaskan, penghematan anggaran itu karena Pemerintah Sulsel banyak menerima bantuan dari pihak ketiga.
Menurut peraih penghargaan antikorupsi Bung Hatta Anti-Curruption Award 2017 ini, donasi pihak ketiga itu termasuk 45 ventilator. "Baru dua ventilator yang dipakai. Semua dari sumbangan pihak ketiga," jelasnya.

Banyaknya sumbangan non APBD itu, katanya, sebagai bukti bahwa penanganan covid di Sulsel dilakukan secara gotong royong.

"Banyak sekali sumbangan pihak ketiga. Banyak sekali bantuan sembako dari donasi pihak ketiga yang kita sudah salurkan ke seluruh daerah di Sulsel," jelas Bupati Bantaeng priode 2008 – 2018 ini.

Komentar

Komentar Anda



Sumber : https://www.pijarnews.com/?p=57932

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.