[UPDATE] Jumlah Positif COVID-19 di Sulsel Kamis 23 April 397 Pasien


Makassar, IDN Times - Per hari Kamis (23/4) pukul 17.00 WITA, pemerintah melaporkan ada penambahan 10 kasus baru pasien positif wabah virus corona atau COVID-19 di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Tambahan 10 pasien selama 24 jam terakhir membuat jumlah kumulatif warga Sulsel yang terinfeksi virus corona mencapai 397 orang.

Warga yang menyusul dalam daftar pasien yang telah diizinkan pulang oleh tim medis dari sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Sulsel bertambah 5 orang, sehingga angkanya telah berada di 80.

Adapun total pasien meninggal dunia akibat virus corona di Sulsel kembali alami penambahan. Empat kematian dikonfirmasi selama satu hari terakhir, sehingga sudah ada 34 korban jiwa.

Dalam data nasional, ada 357 kasus baru yang diumumkan pada hari Kamis ini. Dengan ini, pasien positif corona virus di seluruh Indonesia secara kumulatif menginjak 7.775 orang.

Pasien yang sembuh dalam data nasional kian dekati angka seribu. Ada 47 orang telah dilaporkan pulih dari COVID-19 sehingga totalnya adalah 960 orang.

Tren penurunan jumlah pasien meninggal memasuki hari ketiga. Jika kemarin ada 19 jiwa, hari ini ada 12 pasien yang mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan wabah ini. Dengan ini, total ada 647 orang telah meninggal dunia.

Dalam konferensi pers harian dari kantor BNPB di Jakarta pada Kamis (23/4) sore, Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia saat ini sedang menunggu kedatangan reagen (cairan yang digunakan untuk mengetahui reaksi kimia) yang digunakan dalam pemeriksaan sampel swab melalui real time PCR.

Pada Kamis (16/4) pekan lalu sudah ada 10 ribu reagen berhasil diperoleh, menyusul 50 ribu set di hari Minggu (19/4) dan terakhir yakni 12 ribu reagen pada Selasa (21/4) kemarin. Malam ini direncanakan ada 15 ribu reagen baru yang sedang dalam penerbangan dari Korea Selatan.

"Tugas selanjutnya setelah kita mendapatkan reagen ini adalah mendistribusikannya ke seluruh laboratorium yang mampu dan memenuhi syarat untuk melakukan pemeriksaan. Sehingga pengujian sampel secara masif bisa kita lakukan," ujar Achmad Yurianto.

Uji sampel swab jadi penting dalam mengetahui kesehatan seluruh pasien dalam pengawasan (PDP) sekaligus perkembangan perawatan para pasien yang telah dinyatakan positif. Per hari ini, ada 43 laboratorium yang masih melakukan aktivitas pengujian di seluruh Indonesia.

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Terbaru Kasus Virus Corona di Sulsel



Sumber : https://sulsel.idntimes.com/news/sulsel/ahmad-hidayat-alsair/update-jumlah-positif-covid-19-kamis-23-april-di-sulsel-397-pasien

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.