Jelang PSBB, Pemkot Makassar Gelar Rapid Test Massal


Makassar, IDN Times - Jelang penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, Pemkot Makassar bergerak melakukan rapid test COVID-19 di seluruh Puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar, Kamis (23/4/2020).

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan, tes ini dilakukan sehari sebelum Ramadan mengingat kecenderungan warga yang biasanya ragu melakukan pemeriksaan darah saat sedang menjalankan ibadah puasa. 

"Ini kita lakukan untuk mengidentifikasi lebih cepat warga kita yang telah terpapar agar bisa segera dilakukan isolasi. Saat ini penyebaran yang banyak terjadi adalah local transmission yang dilakukan oleh orang tanpa gejala (OTG). Ini yang berbahaya jika tidak segera kita temukan untuk diisolasi," katanya seperti dikutip dalam siaran pers.

1. Pemkot siapkan 10.000 alat rapid test

Jelang PSBB, Pemkot Makassar Gelar Rapid Test MassalSuasana rapid test di Makassar, Kamis (23/4). Humas Pemkot Makassar

Iqbal Suhaeb pun melakukan pemantauan secara langsung di dua Puskesmas berbeda, yakni di Puskesmas Makkasau dan Puskesmas Jongaya. 

Sejumlah warga tampak antre menunggu giliran untuk melakukan pengambilan sampel darah. Mereka cukup memperlihatkan KTP untuk registrasi serta nomor telepon untuk dihubungi saat hasil tes telah keluar.

Pemkot sendiri, kata Iqbal, telah menyiapkan 10.000 alat rapid rest di seluruh Puskesmas secara gratis. Warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19, PDP, ataupun pernah melakukan perjalanan jauh, dipersilakan untuk melakukan rapid rest.

"Silahkan datang, yang positif ada temannya, keluarganya, termasuk yang selama ini merasa ragu-ragu apakah terjangkit atau tidak, silakan datang ke Puskesmas untuk diperiksa" kata Iqbal.

2. Total 25.000 alat rapid test yang akan disiapkan

Jelang PSBB, Pemkot Makassar Gelar Rapid Test MassalIlustrasi rapid test COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menjelaskan bahwa rapid test tersebut merupakan hasil pengadaan yang bersumber dari Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kota Makassar tahun 2020.

"Kita sudah melakukan pengadaan rapid Test sebanyak 7.200 buah untuk tahap pertama dari total 25.000 yang akan kita adakan. Selain itu, kita juga telah mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulsel sebanyak 3.000 buah. Inilah yang kita gunakan untuk melakukan pemeriksaan hari ini" jelas Naisyah.

Baca Juga: PSBB Makassar Dimulai Besok, Warga Keluhkan Tak Dapat Bantuan Pangan

3. PSBB mulai diberlakukan pada 24 April hingga 7 Mei

Jelang PSBB, Pemkot Makassar Gelar Rapid Test MassalIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Setelah melalui tahapan sosialisasi dan uji coba, PSBB di Makassar akan resmi diterapkan mulai besok yaitu 24 April hingga 7 Mei mendatang. Penerapan PSBB ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan. 

Selama dua pekan, masyarakat diwajibkan untuk melaksanakan segala sesuatu di dalam rumah. Umumnya, menerapkan protokol kesehatan dalam PSBB.

Jika ada keperluan mendesak, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, harus menggunakan masker. Masyarakat pun diminta tidak melaksanakan kegiatan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dalam PSBB. Khususnya aktivitas yang berhubungan dengan orang banyak dalam kerumunan.

Baca Juga: Ingat! Tidak Boleh Ngabuburit dan Sahur on The Road Saat PSBB Makassar



Sumber : https://sulsel.idntimes.com/news/sulsel/ashrawi-muin/jelang-psbb-pemkot-makassar-gelar-rapid-test-massal

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.