Dibangun Rp 1,2 T, Makassar New Port Difungsikan Oktober 2018 Market 1 tahun yang lalu


Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) IV berencana melakukan soft launching Makassar New Port pada Oktober. Saat ini, pelabuhan tersebut masuk dalam tahap persiapan.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung menjelaskan, saat ini, Makassar New Port sudah masuk dalam tahap pemasangan Crane. "Oktober mudah-mudahan bisa soft launching, dermaga sudah jadi, sudah masuk tahap uji coba sistem operasi,"kata dia di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Pembangunan Makassar New Port membutuhkan dana Rp 1,2 triliun yang bersumber dari penerbitan obligasi senilai Rp 3 triliun pada Juni 2018.


Namun demikian, Doso menambahkan, dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi tidak hanya untuk mendanai proyek yang direncanakan. Perseroan juga sedang mengalokasikan dana dari obligasi tersebut untuk proyek-proyek yang sedang dibangun.

"Dana Rp 3 triliun, untuk membiayai Makasar New Port yang saat ini perkembangannya sudah mencapai 72%, selain itu Pelabuhan di Bitung sudah 82%, Pelabuhan di Pantoalan dan untuk pembebasan lahan untuk Kendari Port,"ujar dia.

Adapun total proyek yang bisa dibiayai dari dana Rp 3 triliun tersebut berjumlah 30 proyek. Sementara untuk lokasinya, ada di Papua dan luar Papua.

"Seharusnya untuk keseluruhan proyek membutuhkan dana Rp 5,5 triliun, Rp 3 triliun dari obligasi dan Rp 2,5 triliun dari dana internal," kata dia. (hps)



Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20180710194420-17-22917/dibangun-rp-12-t-makassar-new-port-difungsikan-oktober-2018

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.