detikNews Senin, 13 Apr 2020 22:07 WIB Batal PSBK, Makassar Usulkan PSBB Juga untuk Lawan Corona Pemkot Makassar batal memberlakukan PSBK di tingkat kelurahan dan kecamatan. Pemkot kini usulkan PSBB untuk melawan Corona di wilayahnya.


Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar batal memberlakukan pembatasan sosial berskala kecil (PSBK) di tingkat kelurahan dan kecamatan. Pemkot kini usulkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk melawan Corona di wilayahnya.

Semula, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menuturkan, berdasarkan hasil pembicaraan dengan Forkopimda, rekomendasinya adalah PSBK, bukan PSBB. Pembatasan skala kecil itu juga hanya di kelurahan dan kecamatan.

"Saya sampaikan apa yang dipertanyakan tersebut sudah menjadi pembicaraan dengan Forkopimda. Melihat rekomendasi dari pihak kesehatan dan dari pihak kecamatan jadi bukan PSBB, baru PSBK atau parsial. Dan bukan Kota Makassar, hanya tingkat kelurahan dan kecamatan," kata Iqbal Suhaeb lewat telekonferensi bersama wartawan, Rabu (8/4/2020).

Juru bicara Satgas COVID-19 Makassar, Ismail Hajjali, juga mengatakan pihaknya belum melakukan PSBB dengan berbagai pertimbangan dan melihat dampaknya bagi ekonomi Makassar dan masyarakat itu sendiri.

Menurut dia, pemberlakuan PSBB memerlukan pertimbangan yang sangat matang dan memerlukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Ketika itu rencana PSBK akan diterapkan di empat kecamatan yakni di Kecamatan Ujung Pandang, Tamalate, dan Rappocini, termasuk Panakkukang. Empat wilayah itu dinilai memiliki tingkat penyebaran Corona yang tinggi.

"Wilayah ini akan diterapkan secara ketat PSBK. Beberapa permukiman sudah kami minta dilakukan isolasi dan tidak melakukan lagi kontak fisik dan penerimaan tamu di luar warga yang bermukim" kata Iqbal, Sabtu (11/4/2020).

Saat melakukan rapat dengan Forkopimda Sulsel, Iqbal menyebut Makassar masih akan berfokus melaksanakan pembatasan sosial berskala kecil (PSBK) dan berdasarkan analisis tim kesehatan Universitas Hasanuddin (Unhas) disebutkan bahwa penyebaran COVID-19 di Makassar disebabkan oleh transmisi lokal.



Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4975782/batal-psbk-makassar-usulkan-psbb-juga-untuk-lawan-corona

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.