detikNews Minggu, 19 Apr 2020 03:24 WIB Bupati Ancam Tuntut Satgas COVID 19 Toraja Utara Jika Sepelekan Data Corona ... Itu pasti saya akan periksa. Apabila tidak ada, nanti saya akan tuntut. Jangan menyepelekan soal data, kata Bupati Torut Kaletiku Paembonan.


Toraja Utara -

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Rede Roni Bare melakukan rapat tindak lanjut penanganan virus Corona di daerahnya. Kalatiku meminta Satgas COVID-19 tak menyepelekan data terkait virus Corona.

"Terkait penanganan COVID-19 harus ditangani secara serius. Data yang masuk harus dari setiap kecamatan yang ada di Toraja Utara harus dan itu pasti saya akan periksa. Apabila tidak ada, nanti saya akan tuntut. Jangan menyepelekan soal data," kata Kaletiku dalam rapat Gugus Tugas di Toraja Utara, Sabtu (18/4/2020).

Kaletiku yang juga menjabat Ketua Satgas COVID-19 Toraja Utara mengumpulkan semua pihak terkait, termasuk direktur utama rumah sakit dan para dokter untuk membahas perkembangan COVID-19. Ia meminta penanganan Corona di Toraja dilakukan lebih proaktif.

"Saya begitu konsen menangani permasalahan COVID-19 ini karena ini menyangkut nyawa, dan ini bukan main-main risiko yang ditimbulkan akibat virus ini," tegasnya.

Sementara itu Direktur RSUD Lakipadada dr. Syafari Mangopo mengatakan banyak informasi yang beredar di masyarakat menimbulkan keresahan. Ia pun meminta masyarakat tidak cemas dan tetap mengikuti imbauan pemerintah.

"Penanganan COVID-19 ini bukan berdasarkan administrasi pemerintahan, tetapi melalui epidemiologi, sehingga diharapkan agar pihak Satgas yang bertugas di kecamatan hingga kabupaten memperkuat koordinasi antara petugas kesehatan, baik di RSUD Lakipadada, rumah sakit dan puskesmas-puskesmas yang ada di Torut harus ada contact person untuk koordinasi lanjut penanganan COVID-19 di Toraja," ujar dr. Syafari.

"Kita tidak perlu resah dan cemas. Diimbau juga agar masyarakat mendengarkan instruksi pemerintah, melakukan pola hidup sehat, dan virus ini bisa sembuh dengan sendirinya apabila imun dan kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Lakukan pola hidup sehat dan senantiasa menggunakan masker," pungkasnya.

(azr/azr)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4982427/bupati-ancam-tuntut-satgas-covid-19-toraja-utara-jika-sepelekan-data-corona

Makassar.Online Kumpulan berita terkini harian Makassar dan Sekitarnya terbaru dan terlengkap dari berbagai sumber terpercaya baik media massa terkemuka di Indonesia maupun akun sosmed yang memiliki integritas dalam menyajikan berita keadaan di Makassar.